22 Nov No Comments mamukismuntoro BLOG

Merpati memang dikenal sebagai pembawa surat sekaligus pembawa misi informasi rahasia. Pada suatu masa, di era perang dunia ke-1, pemotretan dari udara (bird eye view) telah dilakukan melalui burung merpati yang ‘berkamera’, berabad jarak sebelum fotografi drone yang marak hari ini.

Julius Neubronner (1852-1932)

Adalah Julius Neubronner (1852-1932) seorang apoteker, perancang kamera mini pada merpati. Neubronner awalnya menggunakan merpati untuk mengirim obat dari apotik milik ayahnya di kota Kronberg dekat Frankfurt pada 1903. Ketika salah satu merpatinya menghilang dan terlambat empat minggu dalam perjalanan pengiriman, timbul gagasan Neubronner melengkapi merpati dengan kamera otomatis untuk melacak jalan mereka.

Neubronner memulai pengembangan kamera miniatur ringan yang bisa dipasang di dada merpati dengan menggunakan baju zirah aluminium. Dengan menggunakan model kamera kayu yang beratnya 30 sampai 75 gram, merpati dilatih dengan hati-hati untuk muatannya. Untuk mengambil foto udara, Neubronner membawa seekor merpati ke sebuah lokasi hingga sekitar 100 kilometer (60 mil) dari rumahnya. Burung itu, yang ingin terbebas dari bebannya, biasanya akan terbang pulang dengan rute langsung, pada ketinggian 50 sampai 100 meter. Sebuah sistem pemotretan waktu tunda dipakai Neubronner untuk mengendalikan pemotretan melalui merpati.

Kamera mini yang dilengkapi baju zirah (kiri) dan merpati yang siap dengan kamera di dada. (slate.com)

Foto kastil Schloss Kronberg  yang dibangun pada 1889 adalah hasil pemotretan kamera mini yang dipasangkan pada dada merpati. Pada foto udara Kastil, kedua ujung sayap merpati terekam di kiri dan kanan foto. Kini kastil tersebut menjadi hotel bintang lima. Jalanan kota Frankfurt, Jerman juga tak luput dari rekaman merpati berkamera.

Kastil Schloss Kronberg (atas) dan Jalanan kota Frankfurt (bawah)

Julius Neubronner lantas mematenkan temuannya pada 1908. Sempat diragukan akan keberhasilan temuannya,Neubronner lantas berhasil membuktikan merpatinya mampu membawa terbang kamera mini dengan berat hingga 70 gram dan mencetak hasil foto udara pada International Photographic Exhibition di Dresden pada 1909.

sumber : wikipedia.org