1 Jan 2 Comments mamukismuntoro BLOG

Avocado Coffee di tangan saya belum juga habis, saat ratusan anak muda secara berjamaah merangsek ke depan panggung tanpa barikade. Sebenarnya sayang untuk segera menyeruput habis minuman dingin yang antrinya saja perlu waktu 15 menit. Apa boleh buat, sepertinya ini grup musik yang paling ditunggu malam itu di Graha Festival, Graha Fairground di barat Surabaya.

Meski kurang ikhlas, saya segera menghabiskan minuman dan berencana membuang gelas plastiknya. Tak sulit menjumpai tong sampah yang disediakan di arena festival. Apalagi dari tadi saya melihat ada beberapa orang dengan seragam khusus yang sigap membersihkan sampah. Arena pertunjukkan benar-benar terlihat bersih.

Saya berhenti sejenak di dekat kerumunan muda-mudi depan panggung. Mencoba mencari sudut pandang sambil mencerna warna musik yang sama sekali tidak fasih di telinga saya. Apalagi kelompok band Indonesia yang liriknya pakai bahasa Inggris.
Saya termasuk orang yang tidak well informed soal perkembangan musik tanah air. Bermodal telinga awam dan asal cocok di hati, maka segera saya cari versi lagu itu di soundcloud untuk menemani perjalanan, beres. Bertambahlah susunan lagu versi saya.

Kembali ke pertunjukkan. Saya menjauh dari kerumunan dan memutuskan merekam dari belakang panggung. Dari situ, saya bisa leluasa melihat kerumunan penonton plus tentu saja kelompok band yang malam itu menjadi pamungkas acara tutup tahun.

Radar telinga saya mencoba mulai mencerna betotan bas, gitar dan gebukan drum plus bunyi-bunyian digital kelompok Musisi Pendatang Terbaik versi Jakartabeat 2015 ini. Ya, panggil mereka gajah eh, Elephant Kind, yang memiliki pengikut luar biasa loyal, dan aksi sang vokalis yang akrab dan tak berjarak. Penonton sungguh akrab dengan lirik lagu mereka, menganggukkan kepala dan mengangkat tinggi kedua tangan untuk berinteraksi dengan musisi di atas panggung.

Radar telinga saya mulai sok akrab dengan gaya musik grup band ini. Maka malam tahun baru masehi 2017 menjadi perkenalan baru buat saya dan “sang Gajah” yang tampaknya akan makin besar dan kuat.