23 Nov No Comments mamukismuntoro EDUCATION

Doc.Now!
Documentary Photography Workshop
Bali, 4 – 9 Desember 2017

A. Tentang Workshop

Doc.Now! adalah sebuah workshop fotografi dokumenter yang berlangsung intensif selama lima hari. Dalam workshop ini, para partisipan akan didorong untuk membuat dan mengembangkan sebuah proyek foto dokumenter dengan bimbingan mentor-mentor yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya. Pembimbingan akan dilakukan melalui proses diskusi, studi referensi karya-karya para mentor, dan evaluasi rutin harian terhadap foto-foto yang dibuat oleh partisipan. Di malam terakhir workshop, hasil karya seluruh partisipan akan ditayangkan dalam sebuah showcase event yang terbuka untuk umum.

Workshop Doc.Now! ditujukan bagi mereka yang telah menguasai teknik fotografi dasar dan memiliki keinginan kuat untuk mengembangkan kemampuan mengolah gagasan dalam menyampaikan sebuah narasi secara visual melalui medium fotografi dokumenter, baik untuk kepentingan pembuatan proyek pribadi maupun untuk bekerja secara profesional.

Tahun ini merupakan kali kedua workshop Doc.Now! diadakan untuk fotografer Indonesia.

Waktu & Lokasi:
4 – 9 Desember 2017

The Alleyway Cafe
Jalan Merdeka No.10B
Denpasar, Bali

Kuota Maksimal Partisipan: 18 peserta

Biaya: Rp 1,5 juta (sudah termasuk snack, sertifikat, dan portfolio review)

B. Ketentuan Workshop

1. Partisipan workshop terbuka untuk umum tanpa batasan umur dan berdasarkan sistem first come first serve basis.

2. Doc.Now! bukanlah workshop yang mengajarkan cara/teknis memotret. Partisipan diharapkan telah memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar memotret sebelumnya dan mampu mengaplikasikannya dalam workshop.

3. Demi kelancaran workshop, setiap partisipan diwajibkan untuk membawa kamera digital dan perangkat laptop (sebaiknya yang sudah dilengkapi piranti penyuntingan foto seperti Adobe Bridge, Photo Mechanic, dsb) selama workshop.

4. Selama workshop, partisipan akan dibagi ke dalam 3 grup dengan pembagian sbb:
– Grup 1 (mentor Rony Zakaria & Putu Sayoga: untuk partisipan dengan kecenderungan pendekatan personal/subjective documentary.

– Grup 2 (mentor Muhammad Fadli & Kurniadi Widodo): untuk partisipan dengan kecenderungan pendekatan Contemporary & Portraiture.

– Grup 3 (mentor Made Nagi dan Oscar Siagian): untuk partisipan dengan kecenderungan pendekatan news & editorial photojournalism

C. Informasi Pendaftaran

1. Calon partisipan dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti workshop dengan cara mengirim email ke: workshopdocnow@gmail.com dengan subject email DAFTAR DOC.NOW! lengkap dengan informasi nama calon partisipan, tautan ke website/blog/Instagram/dsb, beserta nomor telepon yang bisa dihubungi.

2. Calon partisipan akan diminta menyiapkan portfolio sebagai referensi bagi mentor. Portfolio berupa 10 foto yang pernah dibuat sebelumnya. Tim Doc.Now! akan berkomunikasi lebih lanjut mengenai hal-hal teknis pengiriman portfolio setelah proses administratif pendaftaran diselesaikan oleh calon partisipan.

3. Pendaftaran workshop Doc.Now! akan dibuka sampai tanggal 12 November 2017.

4. Pertanyaan-pertanyaan terkait workshop Doc.Now! bisa dikirimkan ke email workshopdocnow@gmail.com dengan subject email: TANYA DOC.NOW!
atau melalui contact person: Okky Ardya (0812-9237486) dan Anggara Mahendra (0857-92297728).